PKD DAN DIKLATSAR 2023 GP ANSOR KAB. SEMARANG SUKSES DILAKSANAKN DI PAC BANCAK

 


ansorbancak.or.id - Guna menjamin komitmen dan tuntutan yang melekat pada GP Ansor terlaksana dengan baik, organisasi ini harus terus-menerus melakukan kaderisasi kepemimpinan secara kontinu dan sistematis. Kaderisasi, dalam konteks ini, adalah proses menyeluruh dalam pembentukan pemikiran, kepribadian dan perilaku. Untuk hal ini, maka dibutuhkanlah sebuah mekanisme yang baik, agar kader organisasi dapat memiliki bekal yang baik dalam berorganisasi dan bermasyarakat.

GP Ansor, dan juga Banser, memiliki berbagai level kaderisasi formal. Dimulai dari tingkatan terbawah, Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), lalu Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL), dan ditutup dengan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN). Sistem sejenis juga dilaksanakan untuk Banser, melalui Pendidikan & Pelatihan Dasar (Diklatsar), lalu Kursus Banser Lanjutan (Susbalan), dan ditutup dengan Kursus Banser Pimpinan (Susbanpim). Berbagai level kaderisasi itu disusun sebab GP Ansor sangat menekankan pentingnya kaderisasi. Kaderisasi bahkan juga dilaksanakan pada kadernya di berbagai negara, di antaranya Arab Saudi, Korea Selatan, Malaysia, Taiwan, dan Mesir.

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Semarang, saat ini memiliki program pengkaderan dengan metode zonasi selain guna menjaring peserta yang mencukupi juga untuk saling mempererat tali silaturahmi antar Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor kecamatan satu dengan kecamatan lainnya. Kecamatan Bancak tergabung dalam ZONA 3 bersama Kecamatan Bringin, Kecamatan Pabelan, dan Kecamatan Suruh. Total peserta PKD dan DIKLATSAR ZONA 3 Tahun 2023 saat ini mencapai 26 peserta untuk PKD dan 16 peserta untuk DIKLATSAR.

Kegiatan PKD dan DIKLATSAR dilaksanakan di Pondok Pesantren DARUL HIKMAH di Dusun Banaran Desa Bancak Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang, dan dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Semarang Bapak H. M. Basari, S.T., M.Si. 


Dalam kesempatan ini Camat Bancak, Bapak Sugeng, SE. mengapresiasi dengan bangga kegiatan ini dapat terlaksana. Ditemui saat selesai pembukaan acara beliau menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini harus terus dilakukan agar para pemuda memiliki wadah untuk berjuang dan menambah wawasan yang dilandasi akhlakul karimah. Kegiatan ditutup dengan hikmat, dan seluruh peserta lulus dengan hasil yang maksimal. Semoga dapat memberikan manfaat baik bagi Organisasi, bagi Nahdlatul Ulama, Bangsa Negara, dan juga diri pribadi serta kelurga para peserta yang mengikuti kegiatan ini.


(red/Danang)




Foto Kegiatan Dapat Diakses Secara Langsung Melalui LINK :
https://drive.google.com/drive/folders/17Sz8jYQn3ObOytEZ5xYt00oocKUjEuK1?usp=sharing

Iklan ada di sini

Komentar

  1. Semoga bisa istiqomah dan bermanfaat buat sesama🫰

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, semoga sukses selalu

    BalasHapus

Arsip Posting

Hubungi Kami

Kirim